Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Agama Sungai Penuh

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sungai Penuh

Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Telp. (0748) 22728. Faks: Fax. (0748) 323464, Email: info@pa-sungaipenuh.go.id

Logo Artikel

545 DESA KOTO TELUK DESA PERTAMA LOKASI SIDANG ITSBAT NIKAH DI KOTA SUNGAI PENUH

Desa Koto Teluk, Desa Pertama Lokasi Sidang Itsbat Nikah di Kota Sungai Penuh

sidang tele 10

SUNGAI PENUH – Ketua Pengadilan Agama Sungai Penuh menyebutkan bahwa Desa Koto Teluk merupakan desa pertama yang menggelar sidang itsbat nikah massal di Kota Sungai Penuh.

Sebelumnya, di Kota Sungai Penuh belum ada pihak pemerintah desa atau kelompok masyarakat yang mendaftarkan perkara itsbat nikah secara kolektif ke Pengadilan Agama.

 

sidang tele 9

sidang tele 8

SIdang Tele 6

sidang tele 2

Hal ini dikatakan Ketua PA Sungai Penuh Asrori Amin, S.H.I., M.H.I, dalam sambutannya pada pembukaan sidang itsbat nikah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Koto Teluk bekerjasama dengan Pengadilan Agama Sungai Penuh dan Kantor Kemenag Kota Sungai Penuh, Senin, 13 Juli 2020.

Tentu kata Ketua PA Sungai Penuh, hal ini adalah sesuatu yang sangat positif, mengingat semua dokumen kependudukan semua bermula dari kutipan akta nikah. Oleh karena itu, solusi bagi pasangan yang sudah menikah dan tidak tercatat perkawinannya di Kantor Urusan Agama, adalah mengikuti itsbat nikah di Pengadilan Agama yang kemudian diteruskan untuk diterbitkan buku nikahnya oleh KUA setempat.

Ketua PA Sungai Penuh optimis dalam beberapa waktu ke depan, PA Sungai Penuh akan menerima banyak perkara itsbat nikah dari desa-desa di Kota Sungai Penuh. Tak berlebihan kata Ketua PA Sungai Penuh, mengingat kerjasama yang dibangun oleh Pengadilan Agama Sungai Penuh dengan Kantor Kemenag Kota Sungai Penuh tentang pelaksanaan sidang itsbat nikah.

“Kita ada kerjasama dengan Kantor Kemenag Kota Sungai Penuh terkait pelaksanaan penyelesaian nikah sirri untuk warga Kota Sungai Penuh. Hari ini adalah permulaannya kita sidangkan belasan perkara yang akan disusul oleh ratusan perkara selanjutnya,” sebut Asrori Amin, S.H.I., M.H.I.

Sementara itu, Panitera Muda Permohonan PA Sungai Penuh, Noprizal, S.H.I, juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya saat ini komunikasi dari kepala desa, camat dan KUA tentang pelaksanaan itsbat nikah terus  diterima pihak PA Sungai Penuh.

“Banyak pihak yang sudah berkoordinasi tentang pelaksanaan itsbat nikah di wilayah Kota Sungai Penuh, Kepala Desa, Kepala KUA dan banyak pihak lainnya, insya Allah dalam waktu dekat kita akan menerima banyak perkara itsbat nikah,” pungkasnya. (Jurdilagapaspn)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas